Pesta Makanan di Festival Jajanan Bango 2018 Jakarta

0
Pesta Makanan di Festival Jajanan Bango 2018 Jakarta

Siapa yang nggak tahu acara Festival Jajanan Bango?
Kalau kamu nggak tau, wah parah nih. Hehehe. Nggak ding. Jadi ya, Festival Jajanan Bango (FJB) adalah sebuah event tahunan yang digelar oleh kecap merk Bango (tau kan, banyak kok di supermarket) untuk mengapresiasi makanan-makanan yang ada di Indonesia. Makanya, setiap acara FJB ini pasti menampilkan makanan-makanan khas Nusantara yang enak-enaaakk dan selalu ditunggu-tunggu.

FJB 2018 kali ini digelar di dua kota, yaitu Jakarta dan Makassar. Ya tentu saja saya dateng yang di Jakarta dong, yang paling deket hehehe. Pengen sih ke Makassar, tapi belom ada waktunya (dan dananya huhuhu). Nah saya dapet bocoran dari mas Arie Parikesit (seorang ahli kuliner Indonesia yang juga panitia acara FJB 2018 ini) kalau tahun ini FJB akan lebih menyoroti masakan soto. Waahhh seru nih! Tau sendiri kan, di Indonesia afa berapa jenis soto? Banyak banget! Hahahaha nggak bisa ngitung deh.

Saya datang ke FJB 2018 Jakarta pada hari Sabtu, 14 April 2018 yang lalu di lapangan Park & Ride Thamrin. Acaranya memang digelar dua hari, Sabtu dan Minggu. Jadi saya nggak mau keduluan yang lain dong. Segera siapkan perut dan dompet! Hehehe. Tiket masuk ke acara FJB 2018 ini cuma Rp 10ribu, dan dapat ditukarkan dengan satu produk Bango di dalam.

Ada botol kecap Bango gede banget di pintuk masuk

Bener kan, di arena FJB ada banyaaakkk banget stall makanan. Ada lebih dari 80 kios makanan Nusantara, dengan satu deretan khusus “Kampung Soto” yang menghadirkan beragam jenis soto dari berbagai daerah di Indonesia. Nah misi saya nih, saya pengen menjajal makanan-makanan yang jarang saya temuin di Jakarta atau Bandung.

Salah satu yang saya suka banget nih, ada Sroto khas Sokaraja. Isinya potongan-potongan daging sapi yang empuk, dengan kuah khas sroto yang dicampur dengan bumbu kacang. Wuidiiihh sedepnya bukan main!

Sroto Khas Sokaraja ini favoritku banget!

Selain Sroto Sokaraja, saya juga temu kangen sama Mie Aceh. Hehehe. Sudah dua tahun sejak saya pertama kali datang ke Aceh dan menikmati mie Aceh ini,jadi rasanya seneng banget pas menemukan makanan ini di FJB 2018 Jakarta. Tekturnya yang al-dente dengan bumbu rempah yang gurih pedas ini yang membuat Mie Aceh berbeda dengan mie-mie lain yang sering saya makan (yang biasanya ala Jawa).

Temu kangen sama Mie Aceh

Saya juga menemukan sate kesukaan saya, yaitu Sate Klathak ala Jogja di FJB 2018 Jakarta ini. Buat pecinta sate kambing seperti saya, makanan ini pasti jadi idola! Walaupun yang disajikan di FJB ini sate klathaknya nggak pake tusukan jeruji besi (seperti yang aslinya di Jogja sana), tapi tetep enak apalagi dengan kecapBango sebagai cocolannya. Lumayan lah jadi obat kangen saya sama Jogja hehehe.

Sate Klathak khas Jogja

Hmmmm makan apa lagi ya? Macem-macem sih, tapi saya nggak sempet foto semuanya karena keburu kekenyangan hahaha. Yag jelas perut saya bener-bener bahagia hari itu.

Martabak penggoda selera

Sebagai anak yang terlahir dari keluarga Jowo banget (alias pecinta yang manis-manis), saya nyaris ga bisa lepas dari yang namanya kecap manis. Kebetulan, keluarga saya dari dulu emang pecinta kecap Bango. Terimakasih kecap Bango yang selama 90 tahun ini sudah menemani keluarga saya dalam menghadirkan makanan-makanan enak di rumah. Apalagi dengan hadirnya Festival Jajanan Bango sejak 14 atau 15 tahun yang lalu, waahh saya dan teman-teman jadi lebih banyak pengetahuan tentang kuliner asli Nusantara yang sangat beragam dan enak-enak.

Jadi nggak sabar kan nunggu festival Jajanan Bango tahun depan!

LEAVE A REPLY