Pesta Pepes Jambal Karawang Dan Nasi Bakar Hejo Di Cimahi

0
Pesta Pepes Jambal Karawang Dan Nasi Bakar Hejo Di Cimahi

Sebagai orang Jakarta yang tinggal di Bandung, saya sering banget bolak-balik Jakarta-Bandung dan melewati Karawang. Tapi saya baru pernah dua kali doang ke kota Karawang, hehehe. Makanya waktu saya diajak oleh teman-teman untuk mencicipi masakan Karawang yang ada di kota Cimahi, wah ya tentu saya mau dong. Toh Cimahi itu nggak jauh dari Bandung, cuma sekitar 40 menit perjalanan (bahkan naik mobil langsung keluar tol cuma sekitar 15 menit dari Pasteur).

Nah, ternyata ada satu rumah makan yang spesial menyediakan masakan pepes jambal khas Karawang di daerah Baros, Cimahi. Tepatnya di gang Barhill. Tempatnya gampang dijangkau kok, apalagi kalau kamu lewat tol, begitu keluar pintu tol Baros langsung belok kiri dan nggak jauh dari situ ada plangnya.

Plang di pinggir jalan raya menuju gang masuk Pepes Jambal Karawang

Namanya aja rumah makan pepes jambal Karawang ya. Jadi begitu masuk, saya langsung disuguhi berbagai pilihan pepes. Nggak cuma pepes (ikan) jambal, tapi juga ada pepes ikan peda, pepes jamur, pepes teri, pepes tahu, dan pepes ayam. Ada juga pepes oncom harusnya, tapi kemarin pas saya ke sana sih kehabisan hehehe.

Pepes Jambal Karawang
Pepes Tahu yang enak banget!

Sebenarnya saya jarang banget makan pepes. Tapi sekalinya saya makan pepes ala Karawang ini, hmmmm bener-bener nggak bisa berhenti. Enak banget! Serius. Tekstur ikannya lembut, dengan bumbu rempah yang membalut dagingnya meresap dengan sempurna. Selain pepes jambalnya, saya juga jatuh cinta banget sama pepes jamurnya. Kalau biasanya pepes jamur yang saya jumpai di pasaran menggunakan jamur kuping, nah kalau di sini pakainya jamur kancing. Segar dan gurih!

Pepes Teri dan Pepes Jamur favorit saya

Yang juga jadi menu andalan di sini adalah Nasi Bakar Hejo. Nasi bakar ini berwarna hijau bukan dari pewarna makanan, tapi dari sayur-sayuran yang dimasak bareng nasinya, antara lain bayam. Dan di dalam nasi bakar ini juga ada suwiran ayam, potongan ati ampela, jadi rasanya gurih dan tentunya sehat juga ya.

Nasi Bakar Hejo dengan isi ati ampela dan suwiran daging ayam

Salah satu menu yang saya baru coba, adalah Jengkol Kecap. Iya, jengkol. Kalau biasanya kamu tau jengkol dibikin semur ala Betawi atau balado, nah di sini rasanya lebih segar, sedikit pedas dan manis karena kecap, dan yang paling penting: nggak bau loh!

Jengkol Kecap

Nggak cuma sayur Jengkol, ada juga sayur Cumi Asin yang segar. Buat yang suka cumi pasti bakal doyan banget nih. Rasanya gurih dan pedas, dengan daging cumi yang empuk pas deh dengan kuah penuh rempah.

Cumi Asin yang segar

Cuma itu masakannya? Oh ya nggak dong. Kamu juga wajib coba Ayam Goreng Serundeng di sini. Ayam gorengnya empuk banget, karena udah diungkep lama sebelum digoreng. Dan yang paling ajeb sih serundengnya. Dimakan langsung serundengnya aja pake nasi anget aja udah enak banget. Menu ini sering jadi rebutan antara orang tua dan anak-anaknya nih, hehehehe.

Ayam Goreng (dan tahu) dengan serundeng yang bikin ketagihan

Semua menu-menu enak tadi adalah masakan dari tangan terambil Oma Betty, ibu pemilik usaha rumah makan ini. Bersama dengan putranya, Pak Herman, resep warisan keluarga mereka diolah dan menjadi andalan rumah makan Pepes Jambal Karawang dan Nasi Bakar Hejo ini. Apalagi Oma Betty yang turun tangan langsung memasak di dapur rumah makan yang terbuka, sehingga semua pengunjung bisa lihat langsung proses pemasakannya. Jadi ya, nggak perlu diragukan lagi lah citarasanya. Biasanya kalau masakan ala nenek itu sudah pasti enak, hehehe.

Walaupun rumah makan ini sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu, tapi baru sekarang saya menemukan harta karun di Cimahi ini. Mendingan kamu coba sendiri deh, dan buktiin kalau pepes jambal ala oma Betty emang juara banget!

***

Info resto:
Pepes Jambal Karawang & Nasi Bakar Hejo
Alamat: Jl. Gang Barhill 2 No 22, Baros, Cimahi Tengah, Jawa Barat 40521
Telepon: +62 22 20662897
Instagram: @pepes.jambal.karawang

Jam buka:
Senin – Sabtu 10.00 – 18.00
Kisaran Harga:
Rp 4,000 – 18,000


LEAVE A REPLY